DjWirya radio

Sabtu, Oktober 11, 2008

Tips Komputer Pemula

1.Tidak dapat menghapus file
Saat Anda menghapus file, muncul kotak dialog :
Cannot delete "nama_file", cannot find the specified path.
Make sure you typed the right path.
Penyebab :
Hal ini terjadi karena Recycle Bin mengalami corrupt. Masalah ini biasanya muncul jika Anda menginstall dan meng-uninstall software Fix-It Utilities.
Solusi :
Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Restart komputer Anda.
2. Sebelum muncul logo Windows, tekan F8 lalu pilih Command Prompt Only.
3. Pada Dos Prompt, ketikkan :

attrib -r -s -h c:\recycled
deltree c:\recycled
sumber : Microsoft
2.Lebih memahami fungsi Refresh
Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan Refresh. Misalnya kalau Anda mengklik kanan pada Desktop maka akan muncul menu Refresh. Juga pada saat Anda berada di Windows Explorer. Tapi tahukah Anda apa sesungguhnya fungsi Refresh tersebut. Refresh biasa digunakan untuk memperbaharui "tampilan" setelah terjadi suatu perubahan. Untuk lebih memahaminya, coba ikuti langkah berikut ini.
Pertama, buat folder baru pada Desktop dengan cara klik kanan, pilih New - Folder (Tapi sebelumnya Anda harus menonaktifkan Show All Files. Caranya dari Windows Eplorer, klik menu View - Folder Options. Pindah ke tab View. Pilih Do not show hidden or system files. Klik OK).
Setelah Anda membuat Folder baru, klik kanan folder tersebut lalu pilih Properties. Lalu beri tanda centang atau check pada bagian Hidden. Klik OK.
Sekarang Anda melihat bahwa Folder tersebut masih nampak pada Desktop walaupun Anda telah mengganti atribut folder tersebut menjadi hidden (tersembunyi). Nah sekarang klik kanan pada desktop, pilih Refresh. Atau bisa juga dengan menekan tombol F5. Sekarang folder tersebut sudah tidak nampak lagi pada Desktop.

Nah, sekarang tahu kan fungsi Refresh ?
Mengganti background pada Windows Explorer
Supaya tampilan Windows Explorer maupun folder Anda lebih menarik, Anda bisa menambahkan dengan gambar favorit Anda sebagai background. Ada pun caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Windows Explorer.
2. Klik menu View, dan pilih Customize this folder.
3. Dari tiga pilihan yang ada, pilih Create a background picture, klik Next.
4. Tekan tombol browse dan arahkan ke tempat Anda menyimpan gambar yang akan digunakan sebagai background.
5. Kalau sudah ketemu klik Open, dan Next.
6. Terakhir klik Finish.

3.Menambah target pada Send To
Jika Anda mengklik kanan pada folder atau file, maka akan muncul menu Send To. Menu tersebut biasa digunakan untuk memindah atau meng-copy file ke lokasi yang telah ditentukan. Secara default hanya ada beberapa lokasi yang tersedia.
Mungkin saja Anda sering memindah file ke lokasi yang belum ada pada Send To. Untuk itu Anda bisa menambah sendiri. Caranya :
1 Pindah ke folder C:\Windows\Send To karena di sinilah Windows menyimpan target lokasi dari Send To.

2 Klik kanan pada folder tersebut dan pilih New - Shortcut.
3 Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol Browse dan arahkan ke folder yang Anda inginkan.
4.Fungsi lain Send To
Selain digunakan untuk memindah atau mengcopy file, perintah Send To dapat digunakan untuk membuka file. Misalnya suatu saat Anda ingin membuka file teks tertentu (misalnya filse *.htm, *.css, *.js) dengan Notepad. Untuk itu Anda cukup meletakkan shortcut Notepad pada C:\Windows\Send To. Lalu untuk membuka file dengan Shortcut, cukup klik kanan pada file tersebut dan klik Send To - Notepad. Tentu saja Anda bisa mengganti program Notepad dengan program lain yang Anda inginkan.
5.Memindah letak taskbar
Secara default taskbar terletak pada kiri bawah. Sebenarnya Anda bisa mengganti posisi taskbar tersebut. Caranya klik dan tahan pada sembarang tempat pada taskbar. Lalu klik mouse dan geser Anda ke atas, kanan atau kiri tergantung taskbar tersebut mau diletakkan di mana.
6.Memperbesar ukuran taskbar
Secara default taskbar hanya dapat menampung satu baris icon dan taskbar button. Untuk memperbesar ukuran taskbar sehingga dapat menampung lebih banyak taskbar button, arahkan cursor mouse ke bagian pinggir dari taskbar lalu drag ke atas
7.Menghemat satu kali klik
Untuk membuka atau menjalankan file biasanya kita harus melakukan klik dua kali pada file tersebut. Ada cara yang lebih cepat, yaitu cukup dengan sekali klik saja suatu file atau program dapat kita jalankan. Caranya sebagai berikut:
1. Buka Windows Explorer.
2. Dari menu View, pilih Folder Options.
3. Klik Tombol Settings....
4. Pada bagian Click items as Follows, pilih Single-click to open an item (point to select).
5. Klik OK, Apply dan terakhir Clos
8.Mengganti icon shortcut
Shortcut yang terletak pada Start - Programs sebenarnya tidak hanya mempunyai satu macam icon saja. Misalnya icon untuk MS Word. Mungkin Anda hanya mengenal icon bergambar W saja. Sebenarnya MS Word 97 mempunyai delapan macam icon lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif. Untuk mengganti icon shortcut caranya sebagai berikut :
1. Klik Start - Program, dan arahkan mouse ke Microsoft Word.
2. Klik kanan pada tulisan Microsoft Word, klik Properties.
3. Pindah ke tab Shortcut.
4. Tekan tombol Change Icon.
5. Pilih icon yang Anda inginkan dan klik OK.
6. Tekan Aplly dan terakhir Close.
9.Menampilkan dan menyembunyikan hidden file
Sistem operasi Windows mengenal empat macam attribut file, yaitu hidden, archive, read only dan system. Yang dimaksud dengan hidden file adalah file yang tersembunyi (secara default tidak kelihatan pada Windows Explorer). Anda bisa mengganti setting tersebut sehingga hidden file tersebut dapat terlihat atau tetap tersembunyi waktu dilihat dengan Windows Explorer. Caranya sebagai berikut :
1. Dari sembarang folder atau Windows Explorer, klik menu View, pilih Folder Options.
2. Pindah ke tab View.
3. Pada bagian hidden file terdapat tiga radio button.
4. Pilih Do not show hidden file, untuk menyembunyikan hidden file.
5. Pilih Do not show hidden or system file, untuk menyembunyikan hidden file dan file system.
6. Pilih Show all file, untuk menampilkan semua file termasuk hidden file dan system file.
Namun demi keamanan file Anda, sebaiknya file-file system tetap disembunyikan. Hal ini untuk mencegah file tersebut terhapus secara tidak sengaja, terutama oleh orang yang baru belajar komputer.
© 2001 - 2006 Klik Kanan

10.Menampilkan ekstensi file
Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Misalnya .doc untuk file MS Word, .cdr untuk Corel Draw, dan sebagainya (lihat juga di sini). Secara default ekstensi file tesebut tidak akan kelihatan. Tetapi Anda bisa menampilkan ekstensi file tersebut sehingga Anda bisa lebih memahami tentang ekstensi file pada Windows Anda. Caranya sebagai berikut :
1. Dari Windows Explorer, klik menu View, pilih Folder Options.
2. Hilangkan tanda check (chenthang) pada bagian Hide file ekstention for known file types untuk menyembunyikan ekstensi file.
3. Sebaliknya beri tanda check untuk menyembunyikan ekstensi file dan menampilkan ekstensi file hanya untuk file yang tidak diketahui jenisnya.
11.Tips MS Word
Membuat page border
1. Dari menu Format, pilih Border and Shading.
2. Pindah ke tab Page Border.
3. Pilih border yang sesuai pada listbox Art.
4. Klik OK.

Membuat background
1. Dari menu Format, pilih Background - Fill Effects.
2. Pindah ke tab Texture.
3. Anda bisa memilih dari berbagai Texture yang telah disediakan oleh MS Word. Bila Anda ingin menggunakan image atau gambar Anda sendiri klik Other Texture.
4. Klik OK.
12.Menampilkan jam dalam format Indonesia
Lihatlah pada pojok kiri komputer Anda, pastilah terdapat tampilan jam yang menunjukkan waktu pada saat ini. Tampilan waktu tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang sangat menghargai waktu, apalagi bagi Anda yang tidak punya jam :-). Tapi seringkali tampilan tersebut tidak sesuai dengan kebiasaan kita (baca : orang Indonesia) yang menganut sistem 24 jam. Sehingga tampilan jam selalu menunjukkan antara angka 1 sampai 12 (hanya beda am dan pm).
Sebenarnya Anda bisa mengganti tampilan jam tersebut sehingga lebih sesuai dengan format di Indonesia, misalnya 13.00 untuk menunjukkan jam 1.00 siang, 23.00 untuk jam 11 malam. Caranya sebagai berikut :
1. Buka Control Panel.
2. Klik icon Regional Settings.
3. Pada tab Regional Settings, pilih negara Indonesia.
4. Klik Apply, terus OK.
5. Terakhir restart komputer.
Tips MS Word

13.Menampilkan screen tips

Screen tips merupakan tulisan yang muncul saat pointer mouse diletakkan di atas icon pada toolbar. Dengan menampilkan screen tips tersebut Anda dapat melihat shortcut untuk icon tertentu sehingga nantinya Anda dapat bekerja lebih efisien dengan bantuan shortcut tersebut.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik menu Tools - Customize.
2. Pindah ke tab Options.
3. Beri tanda check pada Show screen tips on toolar.
4. Klik OK.
Mengganti ukuran dalam centimeter
Secara default ukuran panjang dan lebar document pada MS Word adalah dalam Inches. Anda bisa menggantinya dengan ukuran centimeter atau yang lainnya sesuai keinginan Anda. Caranya sbb :
1. Klik menu Tools - Options.
2. Pindah ke tab General.
3. Pada measurement units Anda tingal pilih sesuai yang Anda sukai (centimeter, inches, points, picas).
4. Klik OK.
14.Mengenal perintah-perintah dasar DOS
Perintah Fungsi
cd Pindah directory
contoh : cd windows, untuk pindah ke directory windows
copy Meng-copy file
copy file1.txt filebaru.txt Meng-copy file1.txt, nama file hasil copy-an adalah filebaru.txt. Jadi akan terdapat file1.txt dan filebaru.txt dengan isi yang sama. Ganti file1.txt dan filebaru.txt dengan nama file yang akan Anda copy
copy file1.txt c:\data Mengcopy file1.txt ke directory data pada drive C (nama file hasil copy-an adalah file1.txt)
copy file1.txt c:\data\filebaru.txt Meng-copy file1.txt ke directory data dengan nama file hasil copy-an filebaru.txt
dir Menampilkan file dan directory
dir a: Menampilkan file dan directory pada drive A
dir /p Menampilkan file dan directory per halaman. Perintah ini sangat berguna bila terdapat file dan directory yang banyak.
dir /w Menampilkan file dan directory secara "singkat" (cuma menampilkan nama file atau directory saja, tidak ada keterangan ekstensi, ukuran file, tanggal dan jam)
ren Mengganti nama file
ren filelama.txt filebaru.txt Mengganti nama file filelama.txt menjadi filebaru.txt


15.Mengenal ekstensi file
Saat Anda mengklik kanan pad file dan memilih Properties, pada bagian MS-DOS name pasti ada tulisan tiga huruf sesudah titik. Itulah yang dinamakan ekstensi file. Fungsinya adalah untuk mengetahui atau membedakan jenis file. Nah, yang kami tuliskan di sini adalah beberapa jenis file yang paling umum. Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer, lalu pilih menu View - Folder Options. Pindah ke tab Files Types. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang. Di antara beberapa ekstensi file itu adalah sebagai
Ekstensi Jenis Aplikasi yang digunakan
asm Source code pemrograman Assembly Sembarang teks editor, seperti MS Word, NotePad, Wordpad
bat Teks MS Word, Notepad, WordPad, Edit (pd DOS prompt)
bmp image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, dll
cdr Corel Draw
doc Docoument MS Word MS Word
exe Aplikasi Merupakan file aplikasi
fon File font Font Viewer
htm, html, shtml Internet Document Netscape Navigator, MS Internet Explorer, NeoPlanet
gif Image, animasi Sembarang image editor. Sedangkan untuk membuat animasinya gunakan Ulead Gif Animator, Gif Construction Set, dll.
ico File icon Microangelo
jpg/jpeg Image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint.
log File log Sembarang teks editor
mp3 Audio WinAmp
pas Source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi Sembarang teks editor
pdf Adobe Acrobat Reader
psd Image Adobe PhotoShop
reg File registry Regedit, untuk mengedit gunakan sembarang teks editor
ttf File font Font Viewer
txt Teks Sembarang teks editor
zip File kompresi WinZip, WinRar

Tidak ada komentar: